Imanuel Blegur Sosialisasi BPJS Tenaga Kerja di Alor

0
414

Dr. Imanuel E. Blegur dan Syamsul Anas ketika jadi narasumber sosialisasi BPJS Tenaga Kerja di Desa Aimoli, Alor, Senin (5/8).

Kalabahi, Tribuanapos.com – Anggota DPR RI Komisi IX Dr. Imanuel E. Blegur jadi narasumber kegiatan Sosialisasi BPJS Tenaga Kerja di Kabupaten Alor, Senin 5 Agustus 2019.

Sosialisaai itu Imanuel berpesan agar masyarakat perlu memiliki kartu BPJS Tenaga Kerja sebagai jaminan keselamatan kerja dan jaminan kematian.

“BPJS Tenaga Kerja ini badan yang ditunjuk oleh negara untuk mengurus jaminan tenaga kerja di seluruh Indonesia,” ujarnya di Aula Gedung GMIT Sei’eng Desa Aimoli Kecamatan Alor Barat Laut.

Imanuel mengatakan, berdasarkan data yang diperolehnya, masyarakat Alor mayoritas gunakan BPJS Kesehatan. Hanya sebagian kecil yang memiliki BPJS Tenaga Kerja.

Itu sebabnya ia bersama Kabid Pelayanan BPJS Tenaga Kerja Cabang Provinsi NTT Syamsul Anas dan rombongan melakukan sosialisasi hari ini di Desa Aimoli.

“Memang di Alor ini mayoritas gunakan BPJS Kesehatan. BPJS Tenaga Kerja masih belum ada peningkatan. Karena itu saya dan pak Syamsul dan rekan-rekan BPJS Tenaga Kerja (NTT) melakukan sosialisasi ini,” katanya.

Imanuel menjelaskan, sosialisasi BPJS Tenaga Kerja di Alor ini fokusnya pada tenaga kerja non penerima upah. Karena kabupaten Alor, tidak ada perusahaan-perusahaan besar seperti di Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

“Kebanyakan di sini (Alor) pekerja-pekerja dari para petani, nelayan dan pekerja tradisonal yang lain. Karena itu kami berharap hak mereka untuk mendapat perlindungan dari negara berupa BPJS Tenaga Kerja ini bisa tersampaikan,” ungkap Imanuel.

Meskipun baru sosialisasi, Imanuel beri apresiasi kepada BPJS Tenaga Kerja NTT karena langsung mendaftarkan dan membagikan 200 kartu BPJS Tenaga Kerja kepada warga Desa Aimoli.

“Itu artinya bapak/ibu sudah sah sebagai anggota BPJS Tenaga Kerja yang dilindungi negara. Nanti hak dan kewajiban, syarat-syarat dan bentuk perlindungan akan dijelaskan oleh Pak Syamsul,” pungkasnya.

Di akhir pesannya, Imanuel bilang, sosialisasi ini merupakan kegiatan terakhirnya sejak ia menjabat Anggota DPR RI menggantikan Setya Novanto pada 31 Oktober 2018. Ia mohon doa restu dari masyarakat agar ke depan bisa berbuat lebih untuk Alor.

“Walaupun akhir periode saya sebagai Anggota DPR RI sampai tanggal 30 September ini, tetapi hati saya masih terus ada untuk masyarakat Alor, khususnya bapak/mama di Desa Aimoli. Saya mohon tolong mendoakan saya agar saya bisa diberi kesempatan untuk terus melayani di Alor,” tutur Calon Bupati Alor tahun 2018 itu.

BPJS Tenaga Kerja Beri Jaminan Keselamatan Kerja dan Kematian

Imanuel E. Blegur menyerahkan kartu BPJS Tenaga Kerja secara simbolis kepada warga Desa Aimoli, Senin (5/8/2019).

Kabid Pelayanan BPJS Tenaga Kerja Cabang Provinsi NTT Syamsul Anas menyebutkan, program BPJS Tenaga Kerja hanya khusus jaminan keselamatan kerja dan kematian.

“Jadi selama bapak/ibu keluar bekerja sebagai petani, nelayan atau apa saja itu kesehatannya dijamin BPJS Tenaga Kerja. Kalau sakit atau alami kecelakaan kerja ya semuanya ditanggung BPJS Tenaga Kerja. Begitu pun jaminan kematian. Kalau kematian, BPJS tanggung biaya Rp.24 juta/jiwa,” katanya.

“Kewajibannya, bapak/ibu harus membayar iuran wajib hanya Rp.16 ribu/bulan. Iuran itu dibayar di kantor BRI terdekat atau bisa lewat online melalui website www.bpjsketenagakerjaan.go.id, atau bisa di kantor cabang BPJS di Kalabahi. Bisa juga lewat gereja. Kami mohon bantuan pengurus gereja untuk memfasilitasi,” jelas Syamsul.

Dia menambahkan, untuk Desa Aimoli, kuota kartu yang dibagikan sebanyak 200. Bila ada anggota baru yang ingin mendaftar maka caranya bisa daftar melalui online atau ke kantor BPJS Ketenagakerjaan di Kalabahi.

Syamsul beri apresiasi kepada Anggota DPR RI Komisi IX Dr. Imanuel E. Blegur yang sudah membantu fasilitasi BPJS Tenaga Kerja dengan masyarakat. Ia berharap kerja sama tersebut bisa dilanjutkan di kemudian hari.

“Terima kasih kepada Bapak Ima Blegur yang sudah banyak membantu kami hadir dan dekatkan BPJS Tenaga Kerja dengan masyarakat. Kami harap ini bisa diteruskan,” tutup Syamsul.

Jadwal yang diterima wartawan, besok Selasa 6 Agustus 2019 pukul 09.00, Imanuel E. Blegur akan jadi pembicara KIE Obat dan Makanan di Kelurahan Wetabua, Kalabahi. (*dm).