Asensio Rebut Piala AFK Alor 2019

0
209

Kalabahi, Tribuanapos.com – Asosiasi Futsal Kabupaten (AFK) Alor Provinsi NTT menggelar Turnamen Futsal pada Jumat 26-31 Juli 2019 di lapangan Futsal Kota Kalabahi. Turnamen tersebut dibuka oleh Asisten II Setda Alor Dominggus Asadama.

Babak pengisian Jumat 26 Juli 2019 di isi tim Makasar United vs The Laki-Laki – Kadelang. Pertandingan berakhir dengan skor, 2:2.

Sedangkan pertandingan babak final antara tim Asensio dan BWR FC berlangsung pada Rabu, 31 Juli 2019 sekitar pukul 15.00 wita. Club Asensio berhasil menaklukan BWR FC dengan skor 5:3 melalui perpanjangan waktu 2×5 menit. Sebelumnya waktu normal, skor 2:2. Kekalahan BWR FC sekaligus memuluskan langkah Asensio merebut juara AFK 2019.

“Ya betul. Piala AFK 2019, Asensio keluar sebagai Juara I. Club BWR FC Juara II. Juara III Bersama itu club ASN dan Munchen BWR,” ujar Ketua Panitia AFK Petrus B. Adisa, S.Pd.

Petrus mengatakan, total hadiah yang diperebutkan masing-masing; Juara I Rp.3 juta. Juara II, Rp.2 juta. Juara 3 bersama, masing-masing Rp.1 juta. “Penyerahan hadiah dilakukan oleh Ketua AFK Alor, Alyos Wakano, S.Sos,” katanya.

Petrus menyebut, jumlah peserta yang terdaftar dan ikut pertandingan AFK 2019 sebanyak 16 tim. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang sudah berpartisipasi dalam ajang AFK 2019.

“Tentu atas nama panitia kami ucapkan terima kasih kepada semua rekan-rekan tim beserta official yang turut sukseskan AFK 2019. Yang kalah jangan berkecil hati karena tahun depan event ini akan ada lagi. Terus lah berlatih, persiapan diri secara baik untuk ikut pertandingan berikut. Begitu pun yang menang jangan gembira berlebihan. Syukuri dan terus berlatih agar ke depan bisa tampil lebih baik,” imbuh Petrus.

Dirinya bangga, karena pertandingan tersebut berlangsung sengit dan penuh kekeluargaan. Sebab masing-masing tim tetap menjunjung tinggi prinsip sportifitas.

AFK Terbentuk Tahun 2017

Asisten II Dominggus Asadama membuka AFK 2019 di Kalabahi, Jumat 26 Juli 2019.

Petrus menjelaskan, AFK dibentuk pada tahun 2017. Organisasi itu katanya terbentuk atas semangat dan kesadaran para pecinta Futsal di Kabupaten Alor.

“Misi AFK yang kami bentuk adalah, menggelar event-event Futsal di Kabupaten Alor untuk mencari atlit-atlit terbaik guna diikutsertakan pada ajang futsal tingkat regional maupun nasional,” jelas Petrus.

“Alasan kami membuat event AFK ini adalah supaya bisa mencari dan membina bibit-bibit terbaik asal Alor. Kalau para atlet kita sudah siap dan lolos seleksi maka kita bisa bawa mereka ikut event-event tingkat provinsi dan nasional,” kata Petrus yang juga pengurus AFK Alor.

Dia menambahkan, event ini juga sebagai bentuk dukungan AFK kepada program Bupati Alor; Alor Sehat, Alor Pintar dan Alor Kenyang.

“Tanpa olahraga Alor tak mungkin sehat dan pintar. Karena pertandingan mengajarkan kita banyak hal tentang kesabaran, sportivitas, kreatifitas kelola bola dan ketelitian memenangkan pertandingan. Olahraga juga menyehatkan tubuh. Itu prinsip pendidikan dan kesehatan yang baik dalam mendukung program Bupati, Alor Pintar dan Sehat” tutur Petrus.

“Kemudian, Alor akan kenyang dengan sepakbola. Karena event-event seperti ini menjadi ajang pencarian bibit untuk dipertandingan di pentas nasional. Kami optimis olahraga akan sukses menghidupkan generasi muda Alor,” pungkas Petrus yang kini mengajar di SMA N. Apui itu.

Oleh sebab itu atas nama pengurus AFC dan Panitia, Petrus mengucapkan terima kasih kepada Bupati Alor Drs. Amon Djobo, Dispora Alor, Koni dan semua pihak yang mendukung penuh event AFK 2019.

“Tentu kami ucapkan terima kasih kepada Bupati Alor, Kadispora dan jajarannya, Ketua Umum dan Ketua Harian Koni Alor, yang sudah dukung penuh kegiatan dari persiapan hingga penyerahan bantuan hadiah. Semoga ke depan perhatian ini bisa berlanjut mendukung program-program AFK yang akan kami adakan di tahun-tahun mendatang,” tutup Petrus didampingi pengurus AFK Gamaliel Maure, S.Pd. (*dm).