Mahasiswa Untrib PKL di Jawa, Bali dan Sulawesi

0
326

Rektor Untrib Alvons F. Gorang, S.Sos.,MM.

Kalabahi, Tribuanapos.com – Rektor Universitas Tribuana (Untrib) Kalabahi Alvons F. Gorang,S.Sos.,MM menerangkan, puluhan mahasiswanya sementara ini sedang Praktek Kerja Lapangan (PKL) di pulau Jawa, Bali dan Sulawesi.

PKL akan dilangsungkan selama sebulan sejak Juli – September 2019. PKL tersebut bertujuan meningkatkan skil dan pengetahuan belajar mahasiswa di dunia kerja.

“Ya, betul. Saat ini mahasiswa Untrib PKL di Jawa, Bali dan Sulawesi. Memang tahun ini kita memberikan kesempatan kepada program studi untuk dapat menyelenggarakan kegiatan PKL di berbagai daerah di luar Alor bahkan di luar NTT,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan via ponsel, Rabu (31/7/2019) di Kalabahi.

Rektor Alvons mengatakan, program PKL di luar daerah sudah berjalan selama tiga tahun sejak tahun 2017. Untuk tahun 2019 program tersebut diberikan sepenuhnya kepada masing-masing program studi untuk bermitra dengan berbagai pihak dalam pelaksanaan program PKL.

“Saya kira ini tahun ke 3 kesempatan yang kami buka untuk masing-masing Prodi berjejaring mencari mitra, baik pemerintah swasta maupun lembaga pendidikan untuk pelaksanaan PKL dan PPL. Sebelumnya (PKL-PPL) hanya dilakukan di wilayah kota Kalabahi dan sekitarnya,” katanya.

Menurut Alvons, tujuannya PKL dilaksanakan untuk memperkaya pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa dari pengalaman belajar di dunia kerja.

“PKL juga dimaksudkan menumbuhkambangkan profesionalisme, peningkatan daya kreatifitas dan memperluas wawasan mahasiswa terhadap bidang usaha yang dimemungkinkan untuk dikembangkan sesuai masing-masing disiplin ilmu,” jelas Alvons.

“Sehingga dengan pelaksaanan PKL pada lokasi – lokasi yang kami lakukan pada tahun ini, kami harapkan ada manfaat yang lebih dari yang sebelumnya hanya dilakukan di dalam daerah,” tutur Alvons.

Ia menambahkan pelaksanaan PKL ini pun merupakan bentuk pernyataan kepada publik bahwa Untrib memang berada di daerah 3T, namun keberadaanya tidak terbatasi oleh hambatan-hambatan teknis dari keterbatasan yang ada.

“Walaupun di daerah terluar, kami juga berusaha untuk menyediaakan layanan pendidikan yang lengkap dan berkualitas. Termasuk di dalamnya kesempatan belajar dari lembaga-lembaga usaha yang bonafide dan profesional di pulau Jawa, Bali dan Sulawesi serta wilayah lainnya di NTT,” tutur Alvons.

Rektor menghimbau kepada mahasiswanya, pergunakan kesempatan PKL-PPL secara baik agar ilmunya kelak bisa dimanfaatkan untuk membangun Alor.

Mantan Ketua GAMKI Alor itu pun mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah di pulau Jawa, Bali, Sulawesi maupun Pemda di NTT serta Swasta yang sudah menerima mahasiswanya, PKL.

“Saya beri apresiasi kepada semua pihak yang sudah mendukung program PKL Untrib tahun 2019 ini. Saya kira ini mitra yang baik untuk kita saling mengisi dalam membangun pendidikan di tanah air, khususnya pendidikan di Alor,” tutup Rektor Alvons.

Data PKL Mahasiswa Untrib

Lokasi PKL Prodi Kimia:

1. Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam, LIPI-Yogyakarta.

2. Industri Pembuatan Bricket (Bricko), Yogyakarta.

3. Bumdes Panggung Lestari, Yogyakarta.

Jumlah Mahasiswa 7 orang.

Lokasi PKL Prodi Perikanan:

1. Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara- Jawa Tengah, 7 orang.

2. Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo – Jawa Timur, 3 orang.

3. Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Makasar, 8 orang.

4 Turtle Conservation and Education Center (TCEC) Serangan – Bali, 8 orang

Total Mahasiswa 26 orang.

Lokasi PKL THP:

1. CV Usaha Timor Makmur Kupang, 7 orang.

2. Cemilan Khas NTT Sima Indah, 8 orang.

3. CV Amfoang Jaya, 8 orang.

4. Lokasi Ende, 7 orang.

5. Surabaya, 11 orang.

Lokasi PKL Agribisnis:

1. PT. Agro Wisata Malang, 4 orang.

2. Kebun GS – Organik Kupang, 4 orang.

3. Politeknik Pertanian Negri Kupang, 9 orang.

4. Jhote Farm Kupang, 4 orang.

Lokasi PKL FKIP berlokasi pada SMP dan SMA/SMK di wilayah Kota Kalabahi Kecamatan Teluk Mutiara, Kecamatan ABAD, Kecamatan ATU dan Kecamatan Kabola.

Sedangkan lokasi PKL TIE masih dalam proses penjajakan. (*dm).