SMK Negeri Ampera Gelar MPLS

0
114

Kepala SMK Negeri Ampera, Drs. Moh. Bajher Kamahi, M.Pd (tengah), pose bersama para orang tua dan Komite usai acara pembukaan MPLS, Senin (15/7) di aula SMK N. Ampera.

Kalabahi, Tribuanapos.com – SMK Negeri Ampera mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2019/2020. Kegiatan tersebut berlangsung tanggal, 15-18 Juli 2019.

Ketua Panitia, Najamudin Haju, S.Pd mengatakan, ada 46 orang calon peserta didik yang mengambil formulir. Tetapi 43 yang diterima. Mereka akan dibagi dalam dua program keahlian yang ada di SMK Negeri Ampera.

“Ada 46 orang peserta didik yang mengambil formulir. Laki-laki 11 orang dan perempuan 35 orang. Kami terima 43 orang karena yang mengembalikan formulir berjumlah 43 orang,” ujar Nahamydin dalam laporannya melalui press release yang diterima wartawan, Senin (15/7).

Ia menjelaskan, para siswa baru tersebut akan didistribusikan dalam dua program keahlian yakni Farnasi dan Perawat yang ada di SMK Negeri Ampera berdasarkan perengkingan nilai.

Sementara Ketua Komite SMK Negeri Ampera, Abas Hukung, menyerahkan secara simbolis peserta didik baru ke sekolah kesehatan itu.

Dalam sambutannya Abas mengatakan, sebagai orang tua, semua anak didik yang diserahkan ke sekolah, harus memberikan dukungan penuh.

“Jangan sedikit-sedik melapor ke polisi, atau mengamuk, atau mengancam guru dan pegawai di sekolah, hanya gara-gara guru mencubit anak didik. Padahal, orang tua pun pasti demikian, kalau anak-anak buat salah. Semua ini demi memperbaiki karakter anak kita,” katanya.

Abas mengingatkan lagi kepada orang tua agar tidak menempuh jalur hukum bila ada sedikit teguran keras dari guru kepada siswa dalam upaya memperbaiki karakter didik anak.

“Sedikit-sedik lapor ke polisi bahwa guru membuat kekerasan. Jangan lapor. Kita (orang tua) punya anak di rumah kalau buat salah kita cubit. Kalau guru cubit, sama saja kita (orang tua) cubit anak, kan? Untuk itu, kita sama-sama harus memahami itu sebagai pembentukan karakter anak,” ungkapnya.

Kepala SMK Negeri Ampera, Drs. Moh. Bajher Kamahi, M.Pd, berterima kasih atas kepercayaan orang tua yang menitipkan anaknya di sekolah. Dia berjanji akan memberikan layanan pendidikan yang baik kepada siswa baru.

“Saya menyampaikan terima kasih karena bapak mama bisa menitipkan putra putrinya di sekolah ini. Jadi itu suatu nilai apersepsi, suatu nilai penghargaan bahwa bapak mama bisa mempercayaai banyak. Kepercayaan ini tidak akan kami sia-siakan. ini menjadi tanggungjawab yang besar buat lembaga ini karena bapak mama sudah menyerahkan melalaui Komite,” tutur Bajher.

Kasek Bajher bilang, beberapa tahun belakangan ini penerimaan siswa baru cukup baik dan merata di Alor. Bahkan SMK N Ampera sudah dilirik peserta didik dari luar lingkup Kecamatan Alor Barat Laut.

Bajher menghimbau kepada masyarakat agar manfaatkan SMK N Ampera untuk kegiatan belajar mengajar. Sebab sekolah itu sudah mencetak banyak anak-anak berprestasi di Alor.

“Manfaat sekolah ini sudah dirasakan oleh khalayak ramai di Alor. Mari gunakan sekolah ini untuk belajar dengan baik demi masa depan anak-anak,” pungkas Kasek.

Di hadapan para undangan Bajher lalu memperkenalkan keadaan sekolah, mulai dari akses jalan masuk yang tidak ada, lahan sekolah yang sempit dan keadaan guru kejuruan yang tidak tetap.

Kasek Bajher optimis semua kendala itu akan diupayakan selesai dalam beberapa tahun ke depan kalau masih diberikan kepercayaan memimpin. (*dm).