Siswa SMK N 1 Kalabahi Praktek di Kapal Ferry Cepat

0
115

Kepala SMK Negeri 1 Kalabahi Idaleta Laure, S.Pd, ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (11/7).

Kalabahi – Kepala SMK Negeri 1 Kalabahi Idaleta Laure, S.Pd menyebut, saat ini siswanya Jurusan Nautika Kapal Niaga sedang melakukan praktikum di sejumlah Kapal Ferry milik PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang.

Sebagian siswa di antaranya praktek di Kapal Ferry Cepat yang melayani rute pelayaran di berbagai pelabuhan-pelabuhan di wilayah Provinsi NTT.

“Sekarang siswa (Jurusan) Nautika Kapal Niaga kita itu lagi praktek di atas kapal. Mereka ada di Kupang dan ada di PT ASDP. Mereka terbagi dalam beberapa kapal Ferry penyeberangan di NTT,” kata Kasek Idaleta Laure, Kamis (11/7) usai memimpin upacara MPLS di SMK N. 1, Kalabahi.

Dia merinci ada tiga orang yang (praktek) langsung di Kapal Cepat Ferry Ukiraya tujuan Kupang – Kalabahi (PP). Ada pula yang praktek di Ferry Cepat Cantika 77 rute Kupang – Rote Ndao dan Kupang – Sabu Raijua.

“Ada tiga anak saya praktek di Kapal Cepat Ukiraya Tujuan Alor – Kupang. Kemudian ada yang di Kapal Cepat rute (Kupang) ke Rote dan (Kupang) ke Sabu,” ujarnya.

Sementara siswa Nautika Kapal Niaga lainnya kini sedang praktek di Kapal Navigasi yang beroperasi di sejumlah pelabuhan laut wilayah perairan Provinsi NTT.

“Kapal Navigasi itu menurut mereka di Navigasi itu hanya (angkut logistik dan orang) datang di pelabuhan-pelabuhan. Anak-anak kita ada praktek di sana,” sebut Idaleta sembari mengaku sedang berupaya mengisi sejumlah fasilitas praktikum yang dinilai masih kurang.

Siswa Kelas X Jurusan Nautika Kapal Niaga SMK N 1 Kalabahi.

Ia mengatakan, Jadwal praktikum para anak asuhnya itu berlangsung sejak bulan Juni 2019 dan akan berahir pada bulan Agustus 2019. “Rencananya itu satu bulan praktek di sana. Mulai akhir Juni kemarin dan akan berakhir awal Agustus 2019 nanti.”

Selain praktikum Jurusan Nautika Kapal Niaga, Idaleta menambahkan, lima Jurusan lainnya juga sedang melakukan praktek di perkantoran di Kalabahi, ibu Kota Kabupaten Alor.

“Ada 60 Dunia Usaha di Kota Kalabahi yang merekrut peserta didik saya kelas XII berjumlah 195 orang. Mereka sementara praktek,” tutur Kasek perempuan yang cukup tertib mengelola adiministrasi perkantoran sekolah itu.

Praktek tersebut kata Kasek Idaleta, merupakan program rutin tahunan sekolah yang bertujuan agar para siswa lebih mempelajari ilmu kejuruannya secara baik.

Kasek Idaleta menghimbau kepada para siswa untuk memanfaatkan waktu praktikum secara baik agar menambah kompetensi diri menghadapi tantangan pendidikan dan tantangan dunia usaha selanjutnya.

“Memanfaatkan waktu praktek secara baik. Belajar dengan tekun. Kemudian jaga kesehatan. Kita doakan agar mereka boleh mengakhiri praktek dan pulang kembali dengan keadaan baik,” tutur Idaleta didampingi Ketua Panitia MPLS Salmon S. A. Salmay, S.Pd dan Sekpan Calvin V. P. Peni, S.Pd.

Kasek Idaleta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama pihak terkait penerima siswanya untuk melakukan praktikum di tahun ajaran ini. Ia berharap kerjasama tersebut dapat terus dibina dan di tingkatkan pada tahun-tahun mendatang. (*DM)