Buka MPLS, Kasek SMK N 1 Kalabahi Pesan Siswa Kenali Sekolah

0
76

Kepala SMK Negeri 1 Kalabahi Idaleta Laure, S.Pd beri sambutan dalam kegiatan MPLS, Kamis (11/7) di lapangan sekolah itu. 

Kalabahi – Kepala SMK Negeri 1 Kalabahi Idaleta Laure, S.Pd membuka kegiatan masa orientasi pengenalan lingkungan sekolah (MPLS), Kamis, 11 Juli 2019 di Kalabahi. Idaleta berpesan kepada para siswa baru kelas 10 agar mengenal sekolah secara dekat dan utuh sesuai visi kegiatan MPLS.

“Hari ini siswa kelas 10 sudah saya sebut sebagai peserta didik SMK N 1 Kalabahi. Karena itu hari ini anda kita perkenalkan menunjukan, melihat, apa yang ada di sekolah ini,” ujar Kasek Idaleta di sambutannya.

“Oleh karena itu sebelum anda (siswa), disuruh untuk melihat, memperkenalkan dan mengetahui apa isi sekolah ini maka kita lakukan kegiatan pagi ini,” kata Idaleta sambil memuji kepiawaian salah satu siswi barunya yang menjadi MC.

Selain itu ia menambahkan, tujuan kegiatan MPLS juga bermaksud menyatuhkan para siswa yang datang dari berbagai sekolah (SMP) di dalam maupun luar Kabupaten Alor, Provinsi NTT. Para siswa dihimbau saling mengenal antar sesamanya maupun kenali para gurunya secara dekat.

Idaleta pun meminta para guru agar mengenal karakter, potensi dan bakat siswa secara utuh untuk dibimbing menjadi pelajar yang berprestasi, kelak.

“Kalian datang dari beragam sekolah karena itu perlu saling mengenal. Sebagai guru kami harus mengenal potensi dirimu masing-masing. Kami harus tahu ada tidak bakat dan minatmu. Minat untuk sekolah sudah ada. Bakatnya apa saja? Olahraga, kesenian, atau yang lain. Jika punya bakat, jangan disimpan. Anda akan dibantu para bapak/ibu guru untuk meningkatkan bakatmu,” ungkapnya.

Kasek Idaleta Laure, S.Pd, Ketua Panitia MPLS, Salmon S. A. Salmay, S.Pd dan Sekretaris Panitia MPLS Calvin V. P. Peni, S.Pd foto bersama Panitia MPLS seusai upacara pembukaan.

Idaleta menyebutkan, SMK N 1 Kalabahi saat ini memiliki 6 Jurusan. Di antaranya: Nautika Kapal Niaga, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Teknik Komputer dan Jaringan. Ditambah jurusan, Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Bisnis Daring dan Pemasaran, serta Jurusan Akomodasi Perhotelan.

Ia meminta agar para siswa dapat mengenal semua sarana dan prasarana sekolah secara utuh untuk kemudian dijadikan KBM.

“SMK N 1 Kalabahi memiliki 6 Jurusan. Kalian harus mengenal semua lingkungan sekolah. Gedungnya berlapis-lapis. Apa saja gedungnya. Kalian harus mengenal secara baik,” pungkas perempuan yang dikenal disiplin dalam kepemimpinannya itu.

Sementara Ketua Panitia MPLS, Salmon S. A. Salmay, S.Pd dalam laporannya mencatat, jumlah peserta baru MPLS yang terdaftar untuk T.A 2019/2020 sebanyak 260 peserta.

Rinciannya: Jurusan Nautika Kapal Niaga, 35 orang (laki-laki 31, perempuan 4 orang). Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, 53 orang (laki-laki 25, perempuan 28 orang). Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, 69 orang (laki-laki 48, perempuan 21).

Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga, 60 orang (laki-laki 28, perempuan 32). Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran, 20 orang (laki-laki 13, perempuan 7). Jurusan Akomodasi Perhotelan, 23 orang (laki-laki 9, perempuan 14). (*DM).