Ribuan Warga Saksikan Pawai Paskah GAMKI Alor

0
106

Pawai Paskah GAMKI Alor, Jumat (26/4) di Kalabahi. 

KALABAHI, TRIBUANAPOS.Com – Ribuan Warga di Kota Kalabahi antusias menyaksikan Pawai Paskah Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI), Jumat 26 April 2019.

Kisah Kematian Yesus Kristus yang tertulis dalam Kitab Perjanjian Baru itu difragmenkan oleh 17 peserta dari unsur pemuda gereja lintas denominasi dan pelajar.

Pawai arak-arakan sore itu bercerita tentang penyiksaan Yesus Kristus dari pemerintahan Romawi hingga mati dan bangkit. Kisah itu persis tercatat dalam injil Matius, Markus dan Lukas.

Ribuan warga Alor Provinsi NTT, sejak pukul 13.00 berbondong-bondong penuhi badan jalan kota Kalabahi. Mereka datang membawa anak-anak untuk melihat fragmen Pawai Paskah.

Titik start pawai di simpang empat dekat kantor Kodim 1622 Alor menuju lapangan mini Kalabahi. Pawai dibuka Bupati Alor Drs. Amon Djobo, pukul 14.00 wita.

DPC GAMKI Alor, Salmon Salko mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, gereja, peserta dan masyarakat yang sudah mendukung kegiatan pawai.

Fragmen Yesus makan bersama murid-murid-Nya sebelum Ia ditangkap anak buah Pontius Pilatus. Fragmen dari Pemuda GMIT Foimahen Anainfar Kenarilang. 

Salmon mengatakan, Pawai Paskah GAMKI kali ini mengangkat tema; Kematian dan Kebangkitan Kristus Memulihkan Relasi Tuhan dan Manusia.

“Tema Paskah ini menjadi suatu refleksi iman bagi kita. Kita berharap kematian dan Kebangkitan Kristus, memperbarui hidup kita,” ujarnya.

Ia menjelaskan GAMKI hanyalah wadah yang menghimpun pemuda gereja dari lintas didominasi. Oleh sebab itu, pawai paskah diadakan untuk menumbuhkan dan pererat solidaritas sesama pemuda gereja dalam membangun bangsa dan daerah.

Sementara itu Bupati Drs. Amon Djobo mengucapkan apresiasi kepada GAMKI Alor. Dia menyebut, pemerintah daerah sangat mendukung kegiatan-kegiatan pemuda lintas didominasi dalam mendekatkan diri dengan Tuhan.

Bupati juga meminta dukungan GAMKI untuk bersama menyukseskan program Alor Sehat, Alor Pintar dan Alor Kenyang.

Usai sambutan, Bupati Alor didampingi Ketua GAMKI Yefta Djahasana dan Ketua Panitia Yunus Magang, melepaskan dan ikut dalam barisan peserta Pawai Paskah menuju lapangan mini Kalabahi.

Pantauan wartawan, fragmen kematian Yesus diperagakan di setiap titik jalan menuju lapangan mini Kalabahi. Ribuan warga bercucuran air mata melihat penyiksaan dan penderitaan Kristus untuk menebus dosa umat manusia.

Tiba di lapangan mini, peserta kemudian disambut Sekda Alor Hopni Bukang, Ketua Klasis Kabola Pdt. Kondrat Penlaana dan Sekretaris GAMKI Nelly Djobo. Setelah itu dilanjutkan Kebaktian Penyegaran Iman. Pengkhotbah Pdt. Yandri Manobe.

Pawai tersebut dilakukan pengaman ketat dari aparat TNI-Polri dan Pol PP.

Reporter: Demas Mautuka