Ikatan Apoteker Alor Resmi Dilantik

0
347

Ketua Pengurus Daerah AIA Provinsi NTT Frama El Lefiyana Pollo, S.Si.,M.Sc.,Apt melantik Pengurus Cabang IAI Kabupaten Alor di Aula Kopdit Citra Hidup Kalabahi, Sabtu (6/4).

KALABAHI, TRIBUANAPOS.Com – Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Alor Periode 2019-2022 resmi dilantik. Pelantikan tersebut dilakukan Ketua Pengurus Daerah AIA Provinsi NTT Frama El Lefiyana Pollo, S.Si.,M.Sc.,Apt di Aula Kopdit Citra Hidup Kalabahi, Sabtu (6/4).

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, saya melantik Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Alor Periode 2019-2022,” ujar Frama di hadapan Penurus Cabang IAI Kabupaten Alor.

Sekretaris PD AIA Provinsi NTT A. Yansen Nama Haba, S.Farm.,Apt, sebelumnya membacakan Surat Keputusan Pengurus Cabang IAI Kabuparen Alor Nomor: Kep-003/PD/IAI/NTT/IV/2019.

Usai dilantik, Ketua PC IAI Alor, Yuliana A. Sir, S.Si.,Apt, dalam sapaannya yang dibacakan Sekretarisnya Maria Goreti Riri Domaking, S.Farm.,Apt, mengaku terima kasih atas kepercayaan yang diberikan padanya.

Yuliana berkomitmen untuk menjadikan organisasi IAI yang hebat, profesional dan bertanggungjawab, sehingga mampu mewujudkan kualitas hidup sehat bagi kehidupan masyarakat Alor.

Ia pun mengajak semua pengurus cabang, agar aktif bersama membangun IAI ke depan yang lebih baik.

Sementara, Ketua PD IAI NTT Frama El Lefiyana Pollo, S.Si.,M.Sc.,Apt, mengatakan, IAI merupakan satu-satunya wadah profesi Apoteker. Wadah tersebut kepengurusannya mulai dari pusat, provinsi hingga daerah.

“Untuk kita (IAI) di NTT, sudah ada 19 pengurus cabang dari 22 kabupaten/kota yang ada. Alor termasuk di dalamnya (19) pengurus cabang,” kata Frama.

Ia menjelaskan, AIA mempunyai visi mewujudan Apoteker yang profesional, sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup sehat bagi setiap hidup manusia.

“Misinya; menyiapkan Apoteker sebagai tenaga kesehatan yang berbudi luhur, profesional, memiliki kesetiakawanan yang tinggi, inovatif, berorientasi ke masa depan,” jelasnya.

Misi yang kedua, kata Frama adalah; membina, menjaga, meningkatkan profesionalisme Apoteker sehingga mampu menjalankan praktek kefarmasian secara bertanggungjawab.

Misi ketiga adalah; memperjuangkan kepentingan anggota dalam menjalankan praktek profesinya.

Misi keempat adalah; mengembangkan kerjasama dengan organisasi profesi lainnya di tingkat regional maupun nasional.

“Untuk mewujudkan visi dan misinya tentu membutuhkan suatu organisasi yang kuat. Karena itu kami sudah melakukan program kerja, memilih pengurus-pengurus cabang sekaligus dikukuhkan dan dilantik PC Alor Periode 2019-2022,” tutur Frama.

Perempuan asal Rote Ndao itu kemudian memberikan apresiasi kepada pengurus cabang Alor dalam mengemban tugas baru.

“Proficiat untuk pengurus baru. Tadi saya bacakan janji tadi, kita sudah memberi diri untuk mengabdi maka dengan sendirinya kehormatan kita dipertaruhkan di situ,” kata Frama.

Kendati demikian, ia percaya pengurus yang baru dilantik dapat menjalankan tugas ke depan sesuai visi misi organisasi. Sebab, pengurus baru tersebut merupakan generasi milenial yang sudah mengikuti perkembangan era revolusi industri.

“Kembangkanlah potensi organisasi dan kompetensi diri yang ada. Saya titip pesan pengurus baru, rumuskanlah program-program yang menjawab kebutuhan organisasi dan anggota. Tingkatkan jejaring kerjasama dengan semua pihak. Selamat mengemban tugas,” pungkasnya.

Frama juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Alor Drs. Amon Djobo, pemerintah daerah, Dinas Kesehatan Alor serta semua pihak yang sudah mendukung keberadaan IAI di Alor.

Pemerintah Dukung IAI Alor

Asisten II Dominggus Asadama, atas nama Bupati Amon Djobo mendukung penuh kehadiran organisasi profesi IAI di Alor. Dia menyebut, kehadiran IAI, menambah unsur kesehatan untuk mewujudkan visi Bupati ‘Alor Sehat, Alor Kenyang dan Alor Pintar.’

“Alor, ada tiga program utama; Alor Sehat, Alor Kenyang, Alor Pintar. Ketiganya harus berjalan bersama. Karena itu pemerintah apresiasi kegiatan ini, terutama apresiasi bagi pengurus yang baru. Terima kasih juga untuk pengurus lama,” katanya.

Dominggus berharap kehadiran IAI sekiranya menambah karya-karya nyata bagi kemajuan kesehatan orang Alor. Ia pun meminta pengurus yang baru agar aktif berkoordinasi dengan pemerintah daerah guna mendukung program-program yang dirumuskan.

“Semakin banyak organisasi di bidang kesehatan ini saya kira dorongan pemerintah untuk menjadikan Alor Sehat, menjadi lebih bermakna,” tutup Dominggus, sambil menghimbau masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat.

Struktur Kepengurusan

Pelindung               : Bupati Alor
Pembina                 : Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Alor
Dewan Penasehat : Ketua Pengurus Daerah AIA Provinsi NTT, Agustinus Setiawan, S.Farm.,Apt

Pengurus Cabang

Ketua            : Yuliana A. Sir, S.Si.,Apt
Wakil Ketua : Imelda Magang Sau, S.Farm.,Apt
Sekretaris    : Maria Goreti Riri Domaking, S.Farm.,Apt
Bendahara   : Ahidah Agam, S.Si.,Apt

Bidang-Bidang

1. Bidang Organisasi dan Keanggotaan

Ketua        : Mangguana Patuli, S.Si.,Apt
Anggota   : Adelaida Palinata, S.Farm.,Apt

2. Bidang Ilmiah dan Pendidikan Berkelanjutan

Ketua      : Ester J. Magang, S.Farm.,Apt
Anggota : Muchlis, S.Farm.,Apt

3. Bidang Kesejahteraan

Ketua      : Ida Saida Sengaji, S.Farm.,Apt
Anggota : Suci Pakron, S.Farm.,Apt dan Jefry, S.Farm.,Apt

Tim-Tim

1. Verifikasi dan Resertifikasi

Ketua      : Maria Goreti Riri Domaking, S.Farm.,Apt
Anggota : Jayana, S.Farm.,Apt

2. Pengabdian Masyarakat dan Tanggap Bencana

Ketua      : Lusia Drikti Tokan, S.Farm.,Apt
Anggota : Anbungu Mausing, S.Farm.,Apt

Reporter: Demas Mautuka