Denny Lalitan: Kader Kristen Mulai Sedikit Pegang Jabatan Strategis

0
321

Denny Lalitan dan Ketua GAMKI Alor Yefta Djahasana di acara pengukuhan panitia paskah GAMKI, Jumat (22/3) di GKII Imanuel Tut’bang Baru, Jembatan Hitam, Kalabahi

KALABAHI, TRIBUANAPOS.Com – Mantan Ketua Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kabupaten Alor, Denny Lalitan menyebut, kader kristen mulai sedikit memegang jabatan politik di pemerintahan. Dia khawatir suatu saat kepercayaan tersebut perlahan akan hilang.

Sebut saja di DPRD. Dari 30 Anggota DPRD, tidak ada kader gereja yang memegang jabatan strategis seperti pimpinan badan kehormatan dan komisi-komisi.

“Coba lihat, ada 30 Anggota DPRD. Berapa kader kristen yang menduduki jabatan politik di DPRD? Cek saja mulai dari ketua komisi hingga ketua badan kehormatan, tidak ada kader kita,” ujar Denny dalam sambutannya di acara pengukuhan panitia paskah GAMKI, Jumat (22/3) di gedung gereja GKII Imanuel Tut’bang Baru, Jembatan Hitam, Kalabahi.

Selain jabatan strategis di DPRD, Denny bilang bahwa, jabatan di pemerintah pun sedikit sekali. “Jabatan strategis di pemerintah juga begitu. Orang kristen yang memegang jabatan dua level di bawah, sedikit. Kita bersyukur karena tahun ini ada kader kita yang sudah di eselon II,” katanya.

Denny mengungkapkan, krisis kepercayaan masyarakat kepada kader kristen disebabkan, banyak di antara mereka tidak miliki karakter pribadi yang baik.

*Panitia Paskah GAMKI Alor Tahun 2019.

“Kader-kader kita banyak tersandung amoral. Ada yang suka mabuk dan tidak belajar menyiapkan diri untuk menjadi pemimpin. Saya pikir ini tantangan terberat kita di GAMKI,” ucapnya, sambil memuji kader kristen yang masih konsisten jaga integritas dan karakter diri yang baik.

Anggota DPRD dua periode dari Partai Demokrat itu mengaku, selain karakter buruk, perbuatan baik kader gereja pun mulai hilang.

“Ada nilai perbuatan baik yang mulai hilang. Saya keliling-keliling di Alor tapi mau ketemu Caleg orang kristen yang di lapangan saja susah. Nah mana mau terpilih? Begitupun PNS, baru mutasi saja tidak mau ke tempat tugas,” kata dia sembari tersenyum.

Oleh sebab itu, Denny Lalitan berharap, kader kristen harus menyiapkan diri secara baik bila ingin menjadi pemimpin ke depan.

Ia menantang GAMKI untuk mencetak kader kristen yang cerdas, bermoral, berkarakter baik, dan mau beramal untuk disiapkan jadi pemimpin ke depannya.

“Untuk itu saya ingin semua harus dimulai dari GAMKI. Dari kegiatan Paskah. GAMKI harus siap kader. Siapkan diri secara baik untuk bisa jadi pemimpin,” pungkasnya.

Jabatan politik menurutnya sangat penting bagi kepentingan gereja dan masyarakat Alor. “Negara sudah atur jabatan di DPRD dan Pemerintah. Kalau kita tidak siap maka jangan heran suatu saat kita akan menjadi nomor dua,” tutup Denny yang juga ketua Partai Demokrat Alor.

Reporter: Demas Mautuka