Tiga Dosen Untrib Seminar Ilmiah

0
689

Alboin Selly sedang memaparkan hasil penelitiannya, Jumat, (18/1) di aula Untrib, Kalabahi. 

KALABAHI, TRIBUANAPOS.Com – Tiga Dosen Pendidikan Teologi Universitas Tribuana (Untrib) Kalabahi menggelar seminar ilmiah, Jumat (18/1) di kampus Untrib. Seminar karya ilmiah itu sebagai wujud implementasi tri dharma perguruan tinggi.

Ketiga dosen yang melakukan seminar ilmiah yaitu; Nehemia Fanpada, M.Pd, Antonius Saetban, M.Pd dan Alboin Selly, M.Pd.

Ketua Program Studi Pendidikan Teologi Eunike Molebila, M.Th, mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi tri dharma perguruan tinggi.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan ilmiah yang akan terus dilakukan program studi sebagai wujud nyata implementasi tri darma perguruan tinggi,” ujarnya.

Magister Teologia UKAW itu berharap, kegiatan tersebut kiranya memotivasi rekan-rekan dosen Untrib yang lain, untuk menghasilkan karya ilmiah yang bermutu.

“Kita harap kegiatan seperti ini ada pemicu bagi sesama dosen di Prodi, Fakultas maupun pada aras Universitas,” kata Eunike di sambutannya.

Wakil Rektor I, Adolfina Oualeng, M.Pdk, memberikan apresiasi atas terselenggaranya seminar dosen yang dilakukan Program Studi Pendidikan Teologi.

Adolfina lalu menekankan kepada dosen-dosen untuk melibatkan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan penelitian ke depannya.

“Kami memberikan apresiasi terhadap kegiatan seminar penelitian dosen. Untuk itu kegiatan seperti ini perlu ditingkatkan dan bila perlu melibatkan mahasiswa,” pungkasnya.

Dia harap, hasil dari penelitian itu bisa diseminarkan, agar dapat terciptanya ruang diskusi ilmiah bagi civitas akademika Untrib.

“Ke depan, mahasiswa harus dilibatkan agar ada ruang diskusi bagi mereka,” kata mantan Dekan FKIP Untrib itu, sembari membuka acara tersebut.

Nehemia Fanpada, materinya dengan judul; Pengaruh Kepemimpinan dan Interpersonal Terhadap Kinerja Dosen Universitas Tribuana Kalabahi.

Dalam pemaparannya ia menjelaskan, kepemimpinan partisipatif dan komunikasi interpersonal dapat meningkatkan kinerja dosen. Selain itu bisa dijadikan model atau gaya kepemimpinan bagi seorang Leader.

Antonius Saetban, dengan judul penelitian; Internalisasi Nilai Tanggung Jawab Melalui Keteladanan Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Remaja.

Dosen Pendidikan Teologi itu menyebutkan, peran orang tua sangat strategis bagi karakter anak. Orang tua tidak hanya memiliki peran memenuhi kebutuhan materi anak remaja, melainkan kesadaran penuh menanamkan nilai keteladanan.

Sementara Alboin Selly, hasil penelitian dengan judul; Evaluasi Pelaksanaan Program Pengangkatan Pendidik Tidak Tetap (Model Evaluasi CSE-UCLA).

Alboin berpendapat bahwa; “program pengangkatan pendidik tidak tetap merupakan salah satu program yang bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan di Alor,” katanya, melalui press release yang dikirim kepada tribuanapos.com, tadi.

Ia merekomendasikan agar program ini harus dilanjutkan dengan perbaikan-perbaikan atau peningkatan-peningkatan pada aspek-aspek tertentu.

Hadir di acara itu sejumlah dosen Universitas Tribuana Kalabahi yang semuanya bergelar magister dan mahasiswa.

Penulis: Demas Mautuka