Akhirnya Alor Punya Balai Latihan Kerja

0
620

Rektor Untrib Alvonso F. Gorang, S.Sos.,M.Si, ketika sambutan di acara syukuran Natal Untrib di Gedung Kebaktian GMIT Fanating, Jumat, (11/1), siang. 

KALABAHI, TRIBUANAPOS.Com – Rektor Untrib Alvonso F. Gorang, S.Sos.,M.Si, menyebut, pihaknya tahun 2019 ini menerima bantuan dana Balai Latihan Kerja (BLK) dari Kementrian Nakertrans RI. BLK tersebut akan mendukung Program Vokasi Non Gelar di Untrib.

“Tahun ini Untrib dipercaya dapat bantuan BLK dari Kementrian Nakertrans yang difasilitasi oleh Anggota DPR RI Komisi IX,” kata Rektor Alvonso, dalam sambutannya di acara syukuran Natal Untrib, Jumat, (11/1/2019) di Gedung Kebaktian GMIT Fanating.

Besaran bantuan tersebut ucap Rektor, diberikan Kementrian Nakertrans sebesar Rp. 1 Miliar. “500 juta kita gunakan bangun gedung, Rp. 300 juta kita gunakan untuk fasilitasnya dan Rp. 200 juta kita gunakan untuk operasional di tahun pertama,” ujarnya.

Rektor Alvonso menjelaskan, BLK itu akan membingkai atau mendukung pembukaan Program Vokasi Non Gelar di Untrib.

Dia merincikan, Program Vokasi Non Gelar yang akan dibuka di Untrib tahun 2019, antara lain; kursus diving 1 tahun, kursus tenun 1 tahun, kursus Bahasa Inggris 1 tahun, kursus pemandu wisata 6 bulan, kursus tata boga 6 bulan.

Lalu, lanjut Rektor, ada pula; kursus barista 6 bulan, kursus komputer 6 bulan, kursus budi daya tanaman holtikultura 1 tahun, kursus baby sister 3 bulan, kursus asisten rumah tangga 3 bulan dan kursus Matematika.

Ia menambahkan, Program Vokasi Non Gelar akan dibuka untuk umum bagi masyarakat Alor, tanpa syarat yang muluk-muluk termasuk syarat ijazah.

“Kursus ini akan dibuka untuk umum termasuk bagi pelajar dan mahasiswa. Jadi yang ingin daftar, silahkan regis dan mengikuti kursus. Syaratnya termasuk bagi yang tidak tamat SD,” ungkapnya.

Alvonso menerangkan, pihaknya sedang siapkan fasilitator BLK yang profesional termasuk tenaga dosen, untuk mengelola BLK. Dia berharap, BLK itu mampu menghasilkan output SDM yang berkualitas dalam mendukung program pemerintah, menyediakan tenaga kerja yang unggul di berbagai bidang.

“SDM sedang kita siapkan. Semuanya akan kita siap. Nah, kita berharap ini bisa menjawab harapan dari pemerintah provinsi, menyiapkan SDM yang berkualitas dan unggul dalam berbagai bidang,” katanya.

Rektor kemudian memberi pandangan akan tantangan dan peluang wirausaha yang berpotensi di Alor, namun belum digarap secara maksimal. Ia yakini, adanya BLK, mampu menjawab tantangan persoalan ribuan pengangguran di Alor.

15 Orang Alumni Untrib Lulus CPNS 2018.

Rektor Alvonso bilang bahwa, meski Untrib ada di wilayah perbatasan NKRI-RDTL namun terus menghasilkan output yang bermutu. Itu dibuktikan dari 15 orang anak asuhnya yang lulus CPNS tahun 2018.

“Ada 15 alumni Untrib yang lolos CPNS 2018. 12 lulus di Alor dan 3 orang lulus di Kabupaten Maluku Barat Daya. Saya kira ini capaian yang baik, capaian yang luar biasa. Ini bukti bahwa sekalipun kita ada di wilayah perbatasan dengan segala keterbatasan, tetapi kita terus menghasilkan SDM yang bermutu,” ucapnya.

Kendati demikian, Alvonso mengakui masih ada keterbatasan yang dialaminya. Karena itu ia mengajak civitas Untrib agar terus membuka diri menerima kritik dari khalayak umum.

Di kesempatan itu, Alvonso pun menghimbau gar para dosen harus terus tingkatkan kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Sebab, dia mengaku, penelitian dosen untuk tahun 2018, agak sedikit menurun bila dibanding tahun 2017.

“Kegiatan yang berhubungan dengan pengajaran, penelitian dan pengabdian serta publikasi ilmiah harus betul-betul jadi perhatian kita. Tahun 2017 tingkat partisipasi penelitian ilmiah dosen cukup bagus, tetapi tahun 2018 sedikit menurun di Dikti. Nah, saya harap tahun 2019 ini bisa ditingkatkan,” cetusnya.

*Rusunawa dan Bus Kampus Untrib, bantuan pemerintah pusat. 

Alvonso pun mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPR RI Fary Francis yang membantu perjuangkan 1 unit Rusunawa (36 kamar) dan 1 Unit Bus Kampus kepada Untrib.

“Untuk Rusunawa pembangunannya sedang berjalan. Kalau sudah selesai maka akan diresmikan oleh Kementrian Perumahan Rakyat dan Anggota DPR RI Fary Francis serta pejabat terkait,” pungkas Rektor sembari mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung Untrib.

Penulis: Demas Mautuka