Korban Kecelakaan Ambulance Mademang Sudah Dipulangkan RSUD Kalabahi

0
1058

Bidan Novita Moikari, A.Md. Keb, ketika dirawat di UGD RSUD Kalabahi, Rabu, (9/1).

KALABAHI, TRIBUANAPOS.Com – Pasien kecelakaan Ambulance Mademang, Kecamatan Pureman, Kabupaten Alor, NTT, Novita Moikari, A.Md. Keb, sudah dibolehkan pulang ke rumah dalam status rawat jalan.

Dia disilahkan pulang setelah mendapat ijin dari dokter UGD RSUD Kalabahi.

“Puji Tuhan tadi pagi jam 9 sudah pulang,” ujar Kapus Pureman Randy Talilah, S.Kep. Ners, kepada wartawan, Rabu, (9/1/2019) di Kalabahi.

Randy bilang, dokter sudah rongseng kondisi luka pada tangan Novita. Hasil rongseng, tidak ada patah tulang dari Novita. Dia akhirnya disilahkan pulang ke rumah dalam status rawat jalan.

“Sudah rongseng dan hasilnya tidak ada (tulang tangan) yang patah jadi sudah pulang untuk rawat jalan,” katanya.

Novita Moikari, adalah bidan yang bersama rekannya perawat Ester Letikari, A.Md. Kep, dan sopir Yosua Mautoring, tadi malam (8/1), hendak menjemput pasien bersalin atas nama Sanci Lambila di Desa Langkuru.

Pasien Sanci Lambila diketahui hendak melahirkan dan membutuhkan rujukan ke RSUD Kalabahi.

Ketika mereka baru tiba di Desa Subo Kecamatan Alor Selatan, Ambulance tergelincir dan masuk ke semak belukar. Posisi mobilnya terbalik. Penyebabnya, sopir silih rusa lari lewat badan jalan.

“Saat kecelakaan itu korban (Novita Moikari) sedang tertidur. Tangannya yang terkena benturan, tapi tidak patah,” ujar Kapus Randy Talilah saat ditemui wartawan ketika dia sedang mendampingi Novita di RSUD Kalabahi.

Akibat kecelakaan itu, korban lalu dievakuasi ke Puskesmas Apui, kemudian malam itu juga dirujuk ke RSUD Kalabahi sekitar pukul 02.30 wita.

“Korban tadi malam sudah kita evakuasi ke Puskesmas Alor Selatan kemudian langsung dilarikan ke RSUD,” kata Camat Alor Selatan Marthen Maubeka, SH, saat dikonfirmasi media ini via ponsel di Alor Selatan siang tadi.

Novita Moikari, juga adalah bidan kontrak daerah. Sudah dua tahun dia ditugaskan di Puskesmas Mademang. Pada CPNS 2018, Novita dinyatakan lulus dan ditempatkan di Pustu Peitoko, Kecamatan Pureman.

Pasien Rujukan dari Desa Langkuru Tiba di RSUD Kalabahi

Pasien bersalin, Sanci Lambila yang hendak dijemput bidan Novita Moikari dan Ester Letikari tadi malam, sudah tiba di RSUD Kalabahi sekitar pukul 12.00 siang tadi. Mereka dijemput Tim Medis Dinkes Alor dengan Mobil Promkes, tadi pagi.

Hal itu disampaikan Kapus Mademang Randy Talilah saat dikonfirmasi wartawan tadi siang. “Puji Tuhan, sudah tiba di RSUD Kalabahi tadi siang. Sekitar satu jam lalu (pukul 12.00),” ungkapnya.

Lalu, kata Randy, pasien tersebut sudah langsung mendapatkan perawatan di RSUD Kalabahi. *(dm).