Program Rumput Laut PT Astra International, Dorong Ekonomi Warga di Alor

0
519

Jibrael Maro, koordinator petani rumput laut Desa Aimoli, program PT. Astra Internasional. 

KALABAHI, TRIBUANAPOS.Com – Jibrael Maro, selaku koordinator petani rumput laut Desa Aimoli, bersyukur adanya suntikan program budidaya rumput laut dari PT. Astra International.

Dia menyebut, program budidaya rumput laut PT. Astra itu telah mendorong ekonomi 45 warga binaan petani rumput laut di Desa Aimoli.

“Program rumput laut dari PT. Astra di Desa (Aimoli) ini sangat-sangat membantu ekonomi rumah tangga kami di kelompok. Kami di sini ada 10 kelompok tani, jumlahnya ada 45 KK. Itu terbagi di dua dusun,” ujar Jibrael, di sela kegiatan pasar murah program PT. Astra International di Desa Aimoli, Kecamatan ABAL, Alor, NTT, Jumat, (28/11/2018), siang.

Ia menjelaskan, sebelum adanya pendampingan program budidaya rumput laut dari PT. Astra, produksi dan harga jual rumput laut, merosot hingga ke angka Rp.6 ribu/kg (kering).

“Harga rumput laut sebelumnya di tahun 2011 itu ada di kisaran Rp.6 ribu/kilo kering. Nah, ketika PT. Astra masuk pendampingan, produksi kita bagus. Sekarang produksi naik sekitar 12-15 ton kering/tahun dari sekitar 4-5 ton. Harga jual pun naik sekarang (tahun 2018) sampai Rp.20 ribu/kg kering,” katanya.

Untuk pasar, Jibrael mengaku, pengusaha biasanya membeli langsung di lokasi Desa Aimoli. Jaringan kerja sama pemasaran pun dibangun secara baik.

*Jibrael Maro, menunjukan setengah kilo rumput laut Desa Aimoli, hasil program binaan PT. Astra International. 

“Pasar langsung ada pengusaha yang beli di sini. Kita bangun kerja sama dengan mereka (pengusaha). Jadi kalau kita panen terus kasih kering, sekarung itu sekarang saja kita sudah bisa dapat kira-kira Rp. 1 juta. Pokoknya sudah jemur di samping aspal itu berarti pengusaha sudah ramai datang tawar, beli” ungkapnya.

Tentang kualitas, Jibrael berujar bahwa, mutu rumput laut Desa Aimoli masuk kategori kualitas terbaik kelas dunia. Sebab, dia pernah ekspor ke Australia.

“Untuk mutu, rumput laut kita termasuk bagus. Saya pernah kirim 3,5 ton ke Australia. Orang Australia tahu ada usaha rumput laut di seluruh dunia. Tapi untuk Alor, rumput laut kita bagus, makanya mereka mau beli dari sini. Kami sangat berharap, pendampingan dari PT. Astra ini ke depan produksi kita masuk pasar nasional bahkan dunia lagi,” ungkapnya.

Selain mendorong ekonomi rumah tangga kelompok tani, Jibrael mengaku PT. Astra juga sudah membuka lapangan kerja baru di Desa Aimoli.

“Selama ini kan kita jual barang mentah ke luar daerah. Nah, adanya PT. Astra ini mendorong kelompok untuk bikin kue, es, dan macam-macam dari rumput laut. Bulan November kemarin kita pelatihan 3 hari untuk mengola produk rumput laut jadi makanan siap saji. Itu berarti sudah ada tambahan nilai manfaat. Sekarang sudah ada tenaga kerja baru yang akan mengolah dan jual kue, es dari bahan dasar rumput laut,” tutur pria paruh baya itu.

Ia berharap, program pendampingan PT. Astra bisa tetap eksis di Alor untuk mendorong masyarakat berusaha rumput laut.

*Aksi pasar murah PT. Astra International di Desa Aimoli, Jumat, (28/12).

“Tantangan kita itu, masyarakat belum sadar betul manfaat rumput laut ini. Karena sesuatu yang baru mereka lihat, akan sulit mereka mau berusaha. Itu tantangan kita. Jadi kami harap, PT. Astra terus eksis dorong masyarakat usaha rumput laut. Bila perlu ke depan, semua desa yang potensi lautnya luas ini bisa kembangkan rumput laut,” pungkasnya.

“Kami sekeluarga di Desa Aimoli mengucapkan terima kasih atas dukungan program dari PT. Astra. Kami doakan, semoga mereka tetap membantu masyarakat yang benar-benar hidup di bawah sejahtera,” tutup Jibrael.

Diketahui, PT. Astra International, pada tanggal 27-28 Desember 2018 menggelar pasar murah di Desa Aimoli dan Alaang, Kecamatan Alor Barat Laut (ABAL). 500 paket sembako dijual murah Rp.50 ribu/paket.

Fasilitator PT. Astra International Kampung Berseri Desa Sejahtera Kabupaten Alor, Emmy Maro, menyebut, aksi pasar murah itu merupakan aksi sosial dari PT. Astra untuk mendukung kampung-kampung binaan atau kampung berseri program rumput laut PT. Astra di Alor. *(dm).