HMI Alor Pelatihan Jurnalistik

0
616

Acara pembukaan Pelatihan Jurnalistik HMI Cabang Alor, Sabtu, (01/12) di auditorium kampus Untrib, Kalabahi. 

KALABAHI, TRIBUANAPOS.Com – Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI Cabang Alor, mengadakan pelatihan jurnalistik, Sabtu, (01/12/2018) di Kampus Untrib. Kegiatan itu bertujuan meningkatkan kualitas kader Islam, menulis.

“Kegiatan ini adalah bagian dari program kerja MHI Cabang Alor. Kita ingin supaya para kader Islam bisa tingkatkan potensi diri di bidang menulis,” ujar Ketua Cabang, Pahlawan Minta, dalam sambutannya.

Ketua Pahlawan lalu meminta kepada para kadernya untuk giat mengikuti kegiatan pelatihan dengan serius. Ia berharap pasca kegiatan, kader HMI sedapat bisa hasilkan karya sastra.

“Saya berharap ke depan, ada kader HMI Cabang Alor bisa menulis. Menulis itu sudah menjadi kebutuhan hidup. Adinda sekalian akan menulis skripsi dan problem sosial di sekitar anda. Kita harus kritis. Karena tulisan mempunyai kekuatan yang luar biasa. Semoga andinda bisa serius dalam pelatihan ini,” katanya, sambil mengucapkan terima kasih kepada Untrib yang sudah menyediakan auditorium bagi HMI.

Yani Pehang, selaku perwakilan Universitas, mengapresiasi kegiatan Jurnalistik HMI. Ia berharap, kader-kader HMI bisa mengungkapkan gagasannya dalam semua hal.

“Kata Pramoedya Ananta Toer: Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian,” ucap Yani, sembari memotivasi mahasiswa HMI, menulis.

“Karena itu, teruslah menulis. Adinda sebagai mahasiswa wajib menulis. Utarakan gagasan-gagasan adinda. Ketika adinda tidak menulis, maka sama seperti, berjalan tanpa arah. Kosong,” ungkapnya.

Senior HMI, Mutmainah, meminta kader MHI, menulis segala hal. Sebab, cacatan harian itu bukti sejarah di suatu saat nanti.

“Apapun yang adinda rasakan, tulislah. Mau putus cinta juga tulis saja. Ini bukan cerita pengalaman (saya) ya. Saya dulu kuliah itu biasa menulis di Diary. Sekarang baru ada facebook dan internet. Akan jauh bernilai jika semua hal yang ada di sekitarmu, ditulis,” kata Mutmainah, tersenyum simpul.

Senior kawakan HMI cabang Kupang itu lalu membuka acara tersebut dengan resmi.

Hadir di acara itu, Ketua BEM PT Untrib Welem Maniyeni, Ketua PMKRI Alor Yuven Hendrik Nitu Lauata, senior HMI Anwar Manumpa, serta pengurus dan anggota HMI.

Diketahui, sesuai jadwal materi pertama, dasar-dasar jurnalistik akan dibawa narasumber, Pemred Tribuana Pos dan materi teknik wawancara akan dibawakan, Pemred Mahenza Efraim Kolly. *(dm).