DPC PMKRI Cabang Alor Dilantik

0
514

Prosesi pelantikan DPC PMKRI Cabang Alor, di aula Watamelang, Senin, (26/11).

KALABAHI, TRIBUANAPOS.Com – Dewan Pengurus Cabang Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (DPC PMKRI) Cabang Alor, Periode 2018-2019, resmi dilantik. Pelantikan tersebut dilakukan Pastor Moderator, RD. Marselinus, di Aula Serbaguna Watamelang, Senin, 26 November 2018.

Ketua Presidium PMKRI Alor, Yuven Hendrik Nitu Lauata, pidatonya mengatakan, PMKRI Alor merupakan cabang yang baru ditetapkan dalam forum tertinggi MPA XXIX, Palembang. Selama ini PMKRI Alor masih berstatus cabang jajakan dan didampingi PMKRI Kupang.

“PMKRI Alor selama beberapa tahun ini dijajak dan didampingi PMKRI Cabang Kupang. Momentum ini, merupakan titik awal PMKRI Alor mulai berbenah demi mewujudkan Visi dan Misi organisasi, PMKRI,” ujar Yuven.

Ketua Yuven mengapresiasi perjuangan rekan-rekan PMKRI Alor hingga menjadi cabang otonom. “Terima Kasih juga kepada rekan-rekan PMKRI Cabang Kupang yang setia membimbing kami hingga saat ini,” katanya.

Ketua Presidium Cabang Kupang, Engelbertus Boli Tobin, mengucapkan selamat kepada pengurus PMKRI Cabang Alor yang dilegitimasi. Ia berharap pengurus yang dilantik, bisa bersinergi dengan OKP Cipayung di Alor.

“Ini ruang belajar bagi rekan-rekan sekalian. Silahkan berdinamika dan berdialektika, baik internal maupun eksternal, bersama-sama dengan rekan-rekan cipayung namun tetap dalam spirit persaudaraan sejati,” ucapnya.

Dia pun menekankan bahwa tugas PMKRI Kupang tidak cukup di sini. PMKRI Kupang secara organisatoris akan terus mendampingi PMKRI Alor ke depan.

Ketua Engelbertus mengingatkan para pengurus PMKRI Alor, agar jalin silahturahmi dengan sesama anggota dan senior, Gereja, maupun OKP. Karena dengan begitu bisa meningkatkan kualitas kader.

“Kepada pengurus, jangan pernah lelah untuk mencari tahu dan berdiskusi bersama para senior. Ada pastor moderator dan rekan-rekan cipayung, berdiskusilah, guna meningkatkan aspek intelektualitas,” ungkap Engelbertus sesuai press release yang dikirim Basilius Fransisko Hugu, Wakil Presidium Pendidikan dan Kaderisasi PMKRI Cabang Kupang, kepada media ini, Selasa, (27/11) di Kalabahi.

Gabriel Lobang Tang, mewakili Ketua FORKOMA, mengapresiasi warga perhimpunan PMKRI Cabang Alor. Karena dengan semangat juang yang tangguh dalam proses kosolidasi secara internal, akhirnya PMKRI Alor ditetapkan sebagai cabang definitif.

“Saya juga mengucapkan limpah terima kasih kepada PMKRI Cabang Kupang dan Pengurus Pusat PMKRI yang telah memberi ruang kepada kami di Nusa Kenari ini,” ucapnya.

“Dengan diberikannya ruang kepada ade-ade di Alor ini berarti PMKRI Cabang Alor secara sah, mandiri. Berdiri di atas kaki sendiri. Sebagai alumni tentunya berharap, PMKRI terus menebarkan spirit perjuangan di tengah kehidupan masyarakat yang plural ini,” pungkas Gabriel mengakhiri sambutannya, seraya mengaku, alumni PMKRI di Alor siap mendukung penuh aktivitas organisasi ke depannya.

Pastor Moderator, RD. Marselinus Seludin, menyebutkan bahwa, di tengah heterogenitasnya kehidupan masyarakat Alor, dibutuhkan kaum intelektual muda. Dan PMKRI, merupakan wadah mahasiswa yang kritis, juga berintelek. Karena itu Pastor meminta agar PMKRI berikan kontribusi yang berarti bagi pembangunan daerah.

“Saya mengapresiasi atas dibentuknya PMKRI di Kabupaten (Alor) ini,” katanya, bangga.

Romo Marselinus menekankan kepada pengurus bahwa, inti dari berorganisasi adalah belajar menjadi seorang pemimpin. Menjadi pemimpin itu tidaklah mudah. Menjadi Pemimpin bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani.

“Kalian pengurus harus mampu melayani anggota. Satu hal yang terpenting dalam melayani adalah persaudaraan sejati. Tanamkan nilai-nilai persaudaraan sejati pada diri kalian masing-masing dan juga dalam lingkup internal pengurus,” ajak Romo Marsel.

Turut hadir di acara itu, yakni; KNPI, HMI, GMNI, para senior PMKRI dan undangan lainnya. *(dm).