Bupati Alor Buka Acara Sosialisasi P2KTD

0
561

Bupati Alor Drs. Amon Djobo, saat membuka acara sosialisasi P2KTD, Rabu, (3/10) di aula Pola, Kalabahi. 

KALABAHI, TRIBUANAPOS.Com – Bupati Alor Drs. Amon Djobo, membuka acara penyedia peningkatan kapasitas teknis desa (P2KTD), dan rapat koordinasi tim Iinovasi kabupaten Alor program inovasi desa (PID) tahun 2018.

Dalam sambutan, Amon Djobo menegaskan, kucuran dana desa dari APBN cukup besar per setahun. Namun hal itu belum meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa.

“Kemiskinan masih terus meningkat. Padahal dana desa cukup besar. Setiap tahun negara kucuran dana besar. Tapi masyarakat kita belum keluar dari kemiskinan,” ujar Bupati Amon, didampingi Kepala PMD Mad Bere, Rabu, (3/10/2018) di aula Pola, Kalabahi.

Karena itu dirinya meminta kepada seluruh aparatur daerah, Kades, Camat, Birokrasi, LSM, pendamping desa dan akademisi agar bersama bekerja.

“Kampus kasih masukan. Pak Rektor (Untrib) kasih pikiran yang cerdas. Kita yang lain itu kerja. Kerja. Jangan tidur. Tuhan kasih kepercayaan di kita itu kerja,” katanya.

Dirinya lantas kritik, para aparatur desa yang hanya fokus bangun infrastruktur jalan dan jembatan, tanpa berpikir aspek pemanfaatan.

“Dana-dana milyaran pakai bangun jalan, jembatan yang di sebelahnya tidak ada manusia di situ. Itu yang terus mereka lakukan. Apa itu? Tarik air dari lemba sana naik di atas juga hanya 15 KK saja. Padahal anggarannya milyaran rupiah,” ucapnya, kesal.

Bupati Amon minta agar dengan kegiatan sosialisasi ini, bisa melahirkan gagasan inovasi baru agar membantu masyarakat keluar dari kemiskinan.

“Untuk itu, kegiatan ini orang-orang pintar bisa beri gagasan solusi agar rakyat kita keluar dari kemiskinan. Kalau kemiskinan itu ada di rumah tangga penduduk maka kasih uang itu kepada mereka supaya mereka usaha. Jangan kasih ke kelompok,” pungkas dia.

Ketua Panitia Julet Obisuru, dalam laporannya menyebut kegiatan ini bertujuan untuk evaluasi kinerja pembangunan desa, sekaligus merumuskan program dan kebijakan desa ke depan.

Hadir di acara itu, Kepala PMD jajaran kadis di lingkup Pemkab Alor, Rektor Untrib Alvons Gorang, Camat, dan unsur pendamping desa se-kabupaten Alor. *(dm).