PLTS Desa Kangge Pantar Barat Laut-Alor, Rusak Parah

0
604

PLTS di Desa Kangge Kecamatan Pantar Barat Laut, Alor, NTT.

@Kalabahi | Tribuanapos.com – Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Desa Kangge, Kecamatan Pantar Barat Laut, Kabupaten Alor, NTT, rusak parah. Sejauh ini belum ada tim teknis yang merawat. Diduga kerusakan terjadi pada baterai.

“PLTS sudah rusak. Sudah dua tahun tidak berfungsi,” ujar Kepala Desa Kangge, Suwaib Tupong, Jumat, (2/3/2018) saat ditemui wartawan di Desa Kangge.

Menurutnya, proyek tersebut dibangun dari dana APBN tahun anggaran 2013. Usai dibangun, PLTS itu sempat beroperasi dan menerangi penduduk Desa itu. Namun tahun 2016 PLTS, rusak.

“Tahun 2013 (PLTS) dibangun. Sumber dana dari APBN. Kalau tidak salah, proyek itu dari Kementrian ESDM. Sempat beroperasi sampai tahun 2016, rusak,” katanya.

Suwaib menjelaskan, tahun 2016, PLTS sudah tidak berfungsi. Sebab, tenaga teknis yang bertugas menjadi operator sudah selesai kontrak dan pulang ke Jawa. Saat itulah kerusakan terjadi karena tidak ada yang merawat.

“Tahun 2016 PLTS rusak. Operatornya selesai kontrak jadi sudah pulang ke Jawa. Tidak ada tenaga teknis yang ganti jadi rusak,” ucapnya.

Dia mengaku, kerusakan tersebut diduga disebabkan karena baterai PLTS rusak. “Mungkin baterainya yang rusak. Kan baterai ada 72 buah. Barangkali itu yang soak jadi begitu, rusak. Karena waktu itu (PLTS) ada menyala tapi tiba-tiba saja sudah mati,” ujarnya lagi.

Suwaib berharap pemerintah bisa mengirimkan tim teknis untuk memperbaiki kerusakan tersebut, agar alat itu bisa beroperasi kembali.

“Harus tim teknis yang bisa lihat apa kerusakannya. Supaya bisa perbaiki dan kita disini juga bisa ada listrik. Kan proyek itu dibangun dengan dana cukup besar. Sayang sekali kalau itu tidak dimanfaatkan, padahal kita sangat butuh listrik disini. Saya harap bisa ada perhatian,” pungkasnya, sembari tidak menyebut nominal biaya proyek itu.

Pantauan wartawan di pulau Kangge, PLTS tersebut sudah tidak berfungsi. Kini warga Desa berpenduduk sekitar 300 an KK di kepulauan bagian barat Kabupaten Alor itu masih kesulitan listrik. *(dm).